Tekno

Guy Kawasaki Kenang Steve Jobs di AdAsia 2017

5

RepublikHotNews – Sesi keynotes perdana di hari pertama AdAsia 2017 dibawakan langsung oleh Guy Kawasaki. Diketahui, pria ini sempat bekerja di Apple sebagai Chief Evangelist pada periode 1983-1987. Dan kini, Guy–begitu akrab disapa, mendirikan Canva, layanan Australia yang membantu pengguna membuat hasil karya desain dengan lebih mudah.

Dalam sesi bertajuk “The Art of Innovation” ini, Guy mengenang Steve Jobs, pendiri Apple yang diketahui sempat bekerja langsung dengannya. Ia mengatakan, tanpa Steve Jobs mungkin nama Apple tak bakal sebesar sekarang.

“Saya bekerja di Apple, di era perangkat Macintosh awal 1983. Masa-masa itu, bisa saya bilang masa kejayaan Apple untuk berkembang. Meski sempat jatuh bangun di era 1990an, saya justru tidak pernah menyangka Apple bisa sesukses ini sekarang,” ujar pria lulusan Stanford University tersebut.

Guy juga mengungkap Jobs adalah sosok pendiri Apple yang tegas dan dikenal disiplin. Sampai-sampai, saat itu Jobs memberlakukan banyak peraturan perusahaan yang malah dianggapnya kelewat ketat.

“Banyak sekali aturan-aturan aneh yang dibuat Jobs. Contoh, kami punya peraturan travel di mana karyawan yang mau melakukan perjalanan bisnis boleh saja memesan penerbangan first class tapi durasinya harus di bawah dua jam. Kami juga diberikan deadline setiap hari, jadi pekerjaan mau tak mau harus tuntas,” sambungnya.

Bagaimana pun, menurut Guy semua aturan yang dibuat Steve tentu bertujuan untuk kebaikan perusahaan. Buktinya, Apple sukses berkat Steve menjelang akhir 1980an.

“Steve Jobs itu banyak maunya. Tapi saya bisa begini juga karena dia. Saya belajar banyak dari Jobs setelah meninggalkan Apple, salah satunya adalah cara kita berinovasi dengan produk dan tidak bertumpu pada satu ilmu,” pungkas pria kelahiran Honolulu, Hawaii tersebut.

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co