Otomotif

Teknologi Iron Man Dipakai Untuk Karyawan Pabrik Mobil

2

RepublikHotNews – Teknologi Exoskeletal dipercaya dapat memperkuat penggunanya dan memberikan kekuatan yang melebihi manusia seperti di film superhero Iron Man. Teknologi tersebut tidak hanya digunakan untuk membasmi kejahatan seperti di film. Karena saat ini Ford menyematkan karyawan di pabrik dengan rompi exoskeletal yang disebut EksoVest.

Tentu teknologi tersebut bukan untuk terbang dan melawan kejahatan layaknya Iron Man. Peruntukannya adalah mengurangi risiko dan kelelahan pada pekerjanya. Bagaimana cara bekerjanya? Rompi exoskeletal ini akan memberikan dukungan pada bagian lengan saat melakukan pekerjaan berat, terutama mengangkat benda dengan ketinggian di atas kepalanya.

Kekuatan yang diberikan oleh rompi exoskeletal ini bisa diatur. Ford mengklaim tenaga angkat yang bisa diberikan mencapai 6,8 kg per lengan. Rompi ini memiliki bobot yang relatif ringan dan nyaman untuk digunakan.

 

Paul Collins, salah satu karyawan yang menggunakan EksoVest, mengungkapkan, “Pekerjaan saya banyak mengangkat benda yang cukup berat, jadi saat pulang kerja, leher maupun bahu terasa sakit. Sejak saya menggunakan rompi tersebut, saya tidak merasa selelah sebelumnya. Saya juga punya energi lebih untuk bermain dengan cucu sesampainya di rumah.”

Mungkin terdengar berlebihan jika menggunakan rompi exoskeletal untuk melakukan pekerjaan ringan. Namun, Ford mengungkapkan karyawan yang bekerja di perakitan dapat mengangkat tangannya hingga 4.600 kali, dan satu juga kali per tahun. Ini dapat menjadi beban bagi karyawan, dan ini alasan utama Ford mengadopsi rompi exoskeletal di dua pabrik perakitan miliknya di Amerika Serikat.

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co