Internasional

Akrab Ngobrol Bareng di APEC, Ini yang Dibicarakan Trump dan Putin

RepublikHotNews – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tidak menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela KTT APEC di Vietnam. Namun keduanya sempat mengobrol di beberapa kesempatan.

Trump mengungkapkan isi pembicaraannya dengan Putin kepada wartawan. Usai menghadiri KTT APEC di Da Nang, Trump kini bertolak dengan pesawat kepresidenan AS, Air Force One, ke Hanoi untuk melanjutkan kunjungan kenegaraannya.

Disebutkan Trump bahwa isu dugaan intervensi Rusia dalam Pilpres AS tahun 2016 juga sempat dibahas oleh dirinya dengan Putin. Diketahui bahwa salah satu mantan ketua tim sukses Trump menjadi terdakwa dalam penyelidikan dugaan kolusi tim kampanye Trump dengan Rusia untuk mempengaruhi pilpres 2016 yang memenangkan Trump.

“Dia mengatakan dia (Putin) tidak mencampuri. Dia mengatakan dia tidak mencampuri. Saya menanyainya lagi. Anda hanya bisa menanyainya beberapa kali… Dia mengatakan tidak. Dia mengatakan dirinya jelas tidak mencampuri pemilu kita,” ungkap Trump kepada wartawan yang ikut dalam pesawat kepresidenan AS.

Saat ditanya oleh wartawan apakah Trump sungguh-sungguh mempercayai bantahan Putin, dia tidak menjawab langsung. “Saya tidak bisa berdiri di sana dan berdebat dengannya,” ucap Trump.

Menurut Trump, Putin selalu menekankan dirinya tidak mencampuri pilpres AS setiap kali keduanya berpapasan. Meski tak menggelar bilateral, Trump dan Putin sempat dua hingga tiga kali bertemu dan melakukan pembicaraan singkat di sela-sela KTT APEC.

“Setiap kali dia melihat saya dia berkata, ‘Saya tidak melakukannya’, dan saya sungguh mempercayai itu ketika dia memberitahu saya, bahwa dia bersungguh-sungguh. Tapi dia mengatakan, ‘Saya tidak melakukannya’. Saya pikir dia sangat terhina oleh itu, jelas bukan hal yang baik untuk negara kita,” imbuh Trump sembari mengakui dirinya mempercayai Putin.

Bantahan Rusia soal dugaan mencampuri pilpres AS bukan pertama kali disampaikan. Otoritas Rusia berulang kali menyatakan bantahan atas tudingan itu.

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co