Internasional

Xi Jinping Janji Jaga Stabilitas Keamanan di Laut China Selatan

RepublikHotNews – Pemerintah China akan bekerja sama dengan negara-negara Asia Tenggara untuk menjaga perdamaian di Laut China Selatan (LCS). China berjanji untuk menangani masalah terkait LCS dengan Beijing secara bilateral.

Hal itu diungkapkan Presiden China, Xi Jinping dalam pertemuan dengan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Keduanya bertemu di sela pertemuan puncak Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di kota resor Da Nang, Vietnam.

“China akan terus bekerja sama dengan negara-negara ASEAN untuk menjaga perdamaian, stabilitas dan kemakmuran wilayah Laut China Selatan,” ujar Jinping, seperti yang disampaikan kantor berita resmi China, Xinhua.

China mengklaim hampir seluruh jalur strategis melalui wilayah perairannya dan di sana ada perputaran uang sebesar USD 3 triliun dari komoditas dagang setiap tahun. Selain itu China juga tengah membangun pulau-pulau buatan.

Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam juga memiliki klaim yang bertentangan di sana. Duterte mengatakan akan berkomunikasi secara bilateral. Dia menganggap dengan komunikasi tersebut, permasalahan LCS dapat segara teratasi.

“Bekerja melalui saluran bilateral untuk menangani masalah-masalah maritim dengan tepat,” kata Duterte secara terpisah.

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co