Internasional

Wartawan Ungkap Bunda Teresa Punya Tabungan Besar di Bank Vatikan

RepublikHotNews – Bunda Teresa, biarawati yang diagungkan di kalangan umat Katolik karena membela orang-orang miskin dilaporkan memiliki tabungan besar di Bank Vatikan (Vatican Bank). Jika dia menarik dananya, bank tersebut akan gagal membayar (default).

Gianluigi Nuzzi, seorang wartawan Italia mengungkap rahasia keuangan Bunda Teresa dalam buku berjudul “The Original Sin”.

Wartawan itu menggali rahasia-rahasia Vatikan dan memerincinya ketika Uskup Agung Amerika Paul Marcinkus ditunjuk sebagai Presiden Bank Vatikan. Saat bank itu dipimpin Marcinkus, Bunda Teresa memiliki rekening yang paling banyak dicairkan.

”Jika saja Bunda Teresa menutup rekeningnya atau memindahkannya, lembaga (bank) tersebut akan mempertaruhkan default,” tulis Nuzzi yang dikutip La Presse, Jumat (10/11/2017).

Menurut penulis Italia itu, penemuan rekening bank Bunda Teresa adalah bukti campur tangan Marcinkus yang lama dalam urusan Vatikan.

“Ada sebuah blok kekuasaan di Vatikan yang menghalangi tindakan reformasi Paus Fransiskus (Francis) seperti halnya dengan Benediktus XVI, ini ada bersama Marcinkus dan manajemen paralelnya dari IOR, dan ini masih ada sampai sekarang,” kata Nuzzi.

”Rekening (Bunda Teresa) di Bank Vatikan adalah bukti bahwa tuan-tuan ini masih berada di dalam Kuria dan mereka dipercaya. Mereka juga dipercaya oleh Bunda Teresa, yang seperti diberitahukan, memasuki Ior oleh pintu sekunder dan disambut oleh Monsignor De Bonis, tangan kanan Marcinkus,” papar Nuzzi.

Nuzzi melanjutkan,  ketika Marcinkus ditunjuk sebagai Presiden Bank Vatikan oleh Paus Paulus VI pada tahun 1970, dia secara eksplisit meminta ajudannya, Uskup Agung Donato De Bonis, bekerja di sampingnya.

”Sejak saat itu kekuatan mereka menguat dari hari ke hari, terbaca oleh buku, De Bonis mengenal bank dalam semua seluk beluknya. Dia dengan terampil pindah ke gedung-gedung sakral, tampak lebih akrab dengan pesawat jet ketimbang dengan jiwa orang-orang yang membutuhkan, dia lebih dekat dengan orang istana Romawi daripada orang miskin dari Bunda Teresa,” imbuh Nuzzi.

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co