Tekno

Penjualan iPhone 8 Loyo, Mitra Manufaktur Apple Cemas

RepublikHotNews – Beredar sejumlah laporan yang menyebutkan, lemahnya penjualan iPhone 8 disebabkan konsumen lebih tertarik membeli iPhone X. Hal ini turut memengaruhi bisnis salah satu mitra Apple yang merakit iPhone 8, yaitu Pegatron.

CFO Pegatron, Charles Lin, dalam sebuah pertemuan, menyampaikan perkiraaannya mengenai penurunan pesanan sebesar 50 persen pada kuartal I 2018. Lin tidak menyebutkan penurunan tersebut disebabkan iPhone 8, tapi Apple adalah klien terbesar Pegatron saat ini.

Mengingat posisi Apple sebagai klien terbesar, tentunya pesanan yang diajukan kepada Pegatron sangat memengaruhi performa bisnisnya. Apple memberikan kontribusi sekira 60 persen untuk total pendapatan Pegatron. Selain itu, Pegatron juga merupakan mitra utama Apple untuk merakit iPhone 8.

“Kami sering mengalami koreksi musiman yang signifikan pada kuartal pertama dan hal itu juga akan terjadi pada 2018. Saya tidak melihat pertanda baik mengenai hal itu saat ini,” ungkap Lin.

Penurunan pesanan yang dialami Pegatron, diyakini berkaitan dengan lemahnya penjualan iPhone 8 karena konsumen lebih tertarik pada iPhone X. Alhasil, Apple mengurangi pesanan produksi iPhone 8 dan mengalihkan fokusnya pada iPhone X.

Apple menunjuk Foxconn untuk memproduksi iPhone X dan 8 Plus, sedangkan Pegatron mengurus produksi iPhone 8.

Lebih lanjut, pendapatan bersih Pegatron turun 32,4 persen pada kuartal III (Juli-September 2017) dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, menjadi US$ 120,8 persen. Selain karena penurunan pesanan, keterbatasan komponen yang melanda industri mobile pada awal tahun ini juga berdampak besar terhadap bisnisnya.

“Kami merekrut para pekerja pada awal tahun ini untuk memenuhi pemintaan pada musim tinggi (banyak pesanan). Namun, karena stok komponen yang kurang, para pekerja kami di lini perakitan menunggu di sana tanpa pekerjaan apa pun. Hal itu benar-benar menambah pengeluaran kami,” jelas Lin.

Sejumlah analis memperkirakan, penjualan iPhone X akan meroket pada awal 2018 ketika Apple berhasil menyelaraskan produksi dengan permintaan. Di sisi lain, iPhone 8 kemungkinan mengalami penurunan penjualan dalam beberapa bulan ke depan. Demikian seperti dikutip dari Softpedia, Senin (13/11/2017).

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co