aa nusa2
Jakarta

Soal Buku Hitam Novanto tentang Jatah DPR, KPK: Belum Disampaikan

RepublikHotNews – Setya Novanto mengaku memiliki catatan berisi nama-nama anggota DPR yang disebut menerima aliran uang proyek e-KTP. Namun KPK menyebut terdakwa korupsi perkara proyek e-KTP itu belum disampaikan kepada penyidik.

“Saya tidak tahu apa isi buku tersebut, tapi tadi saya cek juga ke tim. Sebenarnya belum ada informasi baru yang belum diketahui KPK yang disampaikan SN (Setya Novanto), baik di pengadilan ataupun proses penyidikan,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (23/1/2018).

Apabila memang Novanto berniat menggunakan catatan itu untuk bekerja sama sebagai justice collaborator, KPK mengingatkan Novanto untuk jujur.

“Kami ingatkan untuk jadi justice collaborator harus sepenuhnya mengungkapkan kebenaran dan kita tahu di proses pengadilan masih ada sangkalan-sangkalan, sementara bukti yang dimiliki dan diajukan di pengadilan sebenarnya sudah sangat kuat,” ucap Febri.

Sejauh ini, menurut Febri, status justice collaborator yang diajukan Novanto belum diputuskan. Salah satu syarat yang menurut Febri penting adalah pengakuan dari Novanto.

“Status justice collaborator belum diputuskan, jadi kami masih pertimbangkan dari proses pengajuan. Namun, perlu kami sampaikan pada publik, apakah orang yang prosesnya cukup sulit dan sampai dikeluarkan DPO bisa diberikan status justice collaborator, kami sampaikan ada 3 syaratnya, salah satunya mengakui perbuatannya dan membuka keterkaitan pihak lain seluasnya,” kata Febri.

“Sampai saat ini, baik di proses pemeriksaan terdakwa di pengadilan ataupun penyidikan, kami belum menemukan informasi yang baru dan cukup kuat dari yang bersangkutan,” sambung Febri.

Pada Senin (15/1) lalu, Novanto kembali menjalani sidang lanjutan perkara korupsi e-KTP yang menjeratnya. Novanto mulai menunjukkan sikap kooperatif. Salah satu sinyal yang ditunjukkan Novanto adalah tentang catatan yang disebutnya berisi nama anggota DPR yang menerima aliran uang proyek e-KTP.

“Masalah pemberian kepada anggota DPR, itu ada dilaporkan pada saatnya saya sampaikan apa yang dilaporkan Andi kepada saya. Dan siapa orangnya saya tulis dan nanti akan saya sampaikan pada JPU (jaksa penuntut umum),” tutur Novanto.

Selama persidangan yang dijalaninya, Novanto memang memperhatikan keterangan para saksi. Bahkan dia pernah terlihat menenteng buku bersampul hitam yang berisi coretan-coretan tangannya.

Beberapa kali Novanto menuliskan sesuatu di buku itu. Namun, hingga saat ini, Novanto belum mengungkap isi buku itu.

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co