Tips

Tingkatkan Kesehatan Otak Hanya Dengan Merajut

RepublikHotNews – Merajut menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Selain mampu menghasilkan sebuah karya, kegiatan ini terbukti dapat membuat otak menjadi lebih sehat. Temuan ini merupakan hasil penelitian lanjutan terhadap penelitian sebelumnya terkait manfaat merajut.

Dilansir The Independent, berdasarkan Knit for Peace, jejaring 15 ribu perajut di Inggris mencoba mencari tahu manfaat merajut untuk kesehatan setelah banyak dari anggota mereka mengklaim merasakan adanya peningkatan kesehatan secara keseluruhan setelah rutin melakukan merajut.

“Ada sejumlah besar penelitian yang menunjukkan bahwa merajut memiliki manfaat kesehatan fisik dan mental sehingga memperlambat timbulnya demensia, melawan depresi dan mengalihkan perhatian dari rasa sakit parah,” tulis laporan tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh Harvad Medical School’s Mind and Body Institue pada 2007 menunjukkan merajut bisa menurunkan denyut jantung hingga rata-rata 11 denyut per menit. Selain itu, merajut juga memberikan sensasi rileks sama seperti melakukan yoga.

Merajut sepasang sarung tangan atau selimut juga terbukti memberikan manfaat berupa mengalihkan perhatian dari rasa sakit parah. Ini berkat gerakan berulang saat merajut membuat terjadinya pelepasan pola menenangkan serotin yang bisa mengangkat mood dan menekan rasa sakit.

Fakta lain, penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic pada 2011 dengan melibatkan 70 responden lanjut usia (lansia) menemukan bahwa merajut dapat menurunkan risiko gangguan kognitif ringan dan kehilangan ingatan. Lebih dari itu, merajut juga dapat melawan kesepian.

“Ini adalah aktivitas ramah yang membantu mengatasi keterasingan dan kesepian, yang selama ini menghinggapi para lansia. Ini adalah keterampilan yang bisa dilakukan saat penglihatan dan kekuatan berkurang,” demikian laporan tersebut.

Penelitian ini serupa dengan survei yang dilakukan oleh Knit for Peace terhadap 1000 anggota mereka. Di mana 70% dari anggota tersebut mengaku percaya bahwa merajut baik untuk kesehatan lantaran merajut bisa memberikan sensasi rileks.

Sebesar 21,4% responden juga melaporkan bahwa kegiatan yang identik dengan lansia ini mampu meringankan rasa sakit radang sendi. Berdasarkan survei dan penelitain ini, mereka percaya bahwa merajut bisa mencegah orang-orang yang harus mengunjungi dokter secara rutin dan membuat bahagia serta lebih menyehatkan.

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co