aa nusa2
Tips

Tips Mengatasi Sariawan Dengan Mudah

RepublikHotNews – Seriawan bisa disebabkan berbagai faktor. Gangguan di mulut ini memiliki tanda khas seperti kawah, berbentuk oval, pinggirannya berwarna merah, dan dasar luka berwarna putih kekuningan, dan timbulnya rasa nyeri.

Lantas bagaimana cara tepat mengatasinya? Ada berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab seriawan, di antaranya stres, ketidakseimbangan nutrisi, luka/trauma, perubahan hormonal, dan lain-lainnya. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia Drg Rahmi Amtha MDS SpPM PhD.

“Seriawan merupakan penyakit yang menyerang jaringan mukosa di mulut dan bisa sembuh sendiri,” ujarnya dalam acara “Larutan Antiseptik Efektif untuk Mengatasi & Kurangi Risiko Infeksi di Mulut “ yang diadakan Mundipharma. Ia melanjutkan, hampir semua orang di dunia pernah mengalami gangguan di mulut ini.

Paling tidak seumur hidup sekali. Untuk diketahui, dalam satu waktu, beberapa orang bisa saja mendapatkan lebih dari satu seriawan. Hal itu pastinya membuat rasa nyeri semakin bertambah parah. Dijelaskan drg Rahmi, hal ini bisa saja disebabkan mulut bagian kiri tak sengaja tergigit. Pada waktu lain giliran bagian mulut yang kanan. Jadi, meskipun dapat sembuh sendiri, tapi kita tetap perlu obat agar cepat sembuh mengingat rasa sakit yang ditimbulkannya.

Beberapa waktu yang lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) telah memberikan rekomendasi penggunaan beberapa jenis larutan untuk penanganan seriawan dan menjaga kebersihan mulut. Beberapa larutan yang direkomendasikan oleh BPOM adalah povidone iodine 1%, benzydamineHCl, atau kombinasi dequalinium chloridedan vitamin C yang dapat diklasifikasikan sebagai antiseptik. Penggunaan cairan atau larutan antiseptik merupakan salah satu metode untuk mengurangi peradangan di daerah seriawan dan juga menjaga kebersihan daerah mulut agar kuman dan bakteri tidak menyebar.

“Pemakaian larutan antiseptik merupakan salah satu cara dalam menjaga kebersihan daerah mulut. Saat kebersihan mulut terjaga, risiko terjadinya seriawan karena bakteri ataupun virus akan berkurang secara signifikan,” ucap dr Rahmi.

Untuk menanggulangi rasa sakit akibat peradangan yang terjadi pada seriawan, menjaga kebersihan rongga mulut menjadi langkah yang amat baik karena dapat menurunkan terjadinya infeksi sekunder mikroorganisme yang menyebabkan penyembuhan sariawan terhambat. Menjaga kebersihan mulut yang utama dilakukan dengan tiga langkah, yakni: membersihkan gigi secara mekanis dengan tepat (menggosok gigi), membersihkan sisa makanan dan plak dari sela gigi dengan flossing , dan berkumur dengan cairan antiseptik sesuai indikasi.

Salah satu larutan antiseptik yang direkomendasikan untuk menjaga kebersihan daerah mulut adalah larutan Povidone-Iodine 1%. Povidone- Iodine 1% merupakan zat anti mikroba yang memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan daerah mulut dan tidak menimbulkan resistensi. Berdasarkan hasil penelitian, cairan kumur antiseptik mengandung Povidone- Iodine terbukti dapat mengurangi jumlah bakteri dan virus di rongga mulut sebanyak 99,4% dengan efektivitas tinggi dan waktu singkat.

Povidone-Iodine lebih efektif dibandingkan antiseptik lainnya, seperti chlorexidine gluconate dengan efektivitas 59.7% ataupun cetylpyridinum chloride dengan efektivitas 97,0%. Educator and Trainer Mundipharma dr Merry Sulastri menyatakan Povidone-Iodine terbukti secara klinis dapat membunuh kuman seperti bakteri, jamur ataupun virus di area mulut dan tenggorok secara efektif.

“Kami menganjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan larutan yang mengandung Povidone-Iodine 1% untuk berkumur dan menjaga kesehatan daerah mulut, terutama apabila risiko infeksi atau iritasi di daerah mulut meningkat seperti sakit tenggorokan, seriawan, gusi bengkak ataupun bau mulut tak sedap,” tutur dr Merry.

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co