Tips

Tips Menggoreng Tanpa Minyak Yang Lebih Menyehatkan

RepublikHotNews – Di Indonesia, makanan yang digoreng (gorengan) sudah menjadi makanan yang sangat populer dan sangat digemari. Memang makanan yang diolah dengan cara digoreng memiliki citarasa yang gurih. Padahal dilihat dari sisi kesehatan, gorengan sangat berbahaya.

Gorengan mengandung kolesterol jahat. Belum lagi minyak yang digunakan untuk menggoreng berkali-kali akan bersifat karsiogenik yang bisa memicu kanker.

“Umumnya ibu dan keluarga Indonesia tahu dan paham soal gaya hidup sehat termasuk bagaimana pola makan sehat bagi keluarganya. Namun yang seringkali diabaikan adalah proses memasaknya. Sangat disayangkan apabila bahan bakunya sudah sehat, namun proses memasaknya justru menghasilkan makanan yang tidak sehat sehingga gizi makanan tidak maksimal,” kata tambah Dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi RS Medistra.

“Misalnya proses menggoreng yang tentu saja menggunakan minyak yang banyak. Penggunaan minyak ini akan meningkatkan total asupan kalori seseorang. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan resiko seseorang untuk menjadi obesitas. Obesitas, berhubungan dengan berbagai penyakit kronis, seperti hipertensi, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Memasak sehat bisa juga dilakukan dengan cara masak yang sederhana, seperti mengurangi penggunaan minyak,” tambah Dr. Cindiawaty.

Lalu gimana kita bisa tetap menikmati gorengan yang aman bagi kesehatan? Philips mencoba menjawabnya melalui produk Philips Airfryer. Produk ini merupakan bentuk komitmen Philips dalam mendukung gaya hidup sehat. Baru-baru ini Philips melansir Philips Airfryer tipe terbaru HD9623. Ini adalah alat menggoreng tanpa atau hanya dengan sedikit minyak, dapat juga dipakai memanggang dan membakar makanan dengan praktis dan mudah.

Teknologi TurboStar menghasilkan panas secara cepat dan merata tanpa makanan harus dibalik. Menggoreng bahan makanan dengan menggunakan Airfryer dapat mengurangi lemak hingga 80% dibandingkan dengan menggoreng biasa. Airfryer bisa menjadi solusi bagi penderita jantung dan gangguan kardiovaskular untuk dapat mengkonsumsi gorengan lebih sehat.

“Banyak resep masakan Indonesia mengandung rempah yang baik untuk kesehatan, namun kebanyakan proses mengolahnya digoreng. Mengkombinasikan beragam bahan masakan dan mengubah teknik memasak, misalnya dari digoreng menjadi dipanggang atau dikukus, atau menggunakan Airfryer, merupakan solusi pola makan sehat. Dan ini yang saya terapkan dirumah untuk saya dan keluarga, ” ujar Chef Arimbi Nimpuno.

Beberapa jenis makanan yang bisa diolah dengan alat ini antara lain, kentang goreng. Untuk menggoreng kentang goreng alias french fries dengan Philips Airfryer ternyata mudah. Pertama-tama ambil kentang yang sudah diiris atau bisa juga menggunakan kentang beku. Sebelum dimasukkan ke airfryer, olesi kentang dengan sedikit minyak. Agar lebih sehat, pakailah minyak zaitun untuk mengolesnya.

Selanjutnya, masukkan kentang ke dalam airfryer, lalu setel di suhu 200 derajat Celcius dan dalam waktu 15 menit. Setelah 7 menit, keluarkan pan, lalu goyang-goyangkan agar kentang matang merata. Lalu masukkan kembali pan berisi kentang ke dalam airfryer, dan tunggu hingga bel berdenting, tanda proses penggorengan sudah selesai. Hasilnya ternyata memuaskan. Kentang gorengnya benar-benar kering dan renyah.

Kudapan lain yang renyah juga dimasak dengan airfryer adalah risoles. Sama seperti mengolah kentang, olesi risoles terlebih dulu dengan minyak sedikit saja. lalu masukkan ke dalam keranjang. Kemudian atur waktunya sekitar 15 menit dan suhunya 180 derajat Celcius. Setelah sekitar 7 menit, buka pan, lalu membalik risol agar matang merata.

Selain kentang dan risoles, airfryer ini juga bisa digunakan untuk menggoreng kroket, nuget, ayam, dan lain-lain. Malah jika ingin berimprovisasi dengan menu yang variatif, Philips juga menyediakan buku resep pada produk airfryer ini.

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co