Internasional

Inggris: Kami Miliki Bukti Rusia Masih Simpan Racun Novichok

RepublikHotNews – Menteri Luar Inggris Inggris, Boris Johnson menyatakan, pihaknya memiliki bukti bahwa Rusia masih menyimpan dan juga memproduksi racun syaraf Novichok. Johnson menuturkan, semua bukti yang mereka miliki mengenai hal ini akan diserahkan kepada Organisasi untuk Larangan Senjata Kimia (OPCW).

“Kami benar-benar memiliki bukti, yang telah kami kumpulkan selama 10 tahun terakhir, bahwa Rusia tidak hanya bekerja untuk pengembangan racun saraf dengan tujuan melakukan pembunuhan, tetapi juga menciptakan dan menyimpan Novichok,” ucap Johnson.

Menurut Johnson, dibutuhkan waktu setidaknya dua minggu bagi OPCW untuk memeriksa sampel racun saraf. Para ahli dari OPCW akan datang langsung ke Inggris untuk melakukan penyelidikan.

“Inggris akan memberikan OPCW contoh dari zat beracun yang digunakan dalam kasus (Boris) Skripal,” sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Senin (19/3).

Johnson juga menyatakan kesediaan Inggris untuk bekerja sama dengan Rusia dalam menyelidiki kasus Skripal. “London siap memberikan Moskow akses terhadap kasus Skripal dan Glushkov,” ucapnya.

Dia menambahkan, bahwa Dewan Keamanan Nasional Inggris akan bertemu pada minggu ini untuk memutuskan apakah Inggris akan mengambil tindakan lebih lanjut atau tidak, terkait dengan kasus ini.

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co