Jakarta

Inikah Dua Parpol yang Segera Merapat ke Jokowi?

RepublikHotNews –  Dinamika Pilpres 2019 makin panas lantaran dua parpol diisukan segera merapat ke koalisi pengusung Joko Widodo. Parpol apa saja?

Isu dua parpol akan mengusung Jokowi dilemparkan Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy). Soal parpol apa saja yang akan merapat ke mantan Gubernur DKI Jakarta itu, sayangnya Rommy tak menyebut merek.

“Dari sumber yang sangat terpercaya, akan ada 2 partai politik yang bergabung ke koalisi Jokowi pada bulan ini,” kata Rommy kepada wartawan, Jumat (6/4/2018).

Mari bicara soal partai politik yang belum bersikap untuk Pilpres 2019. Saat ini, PKB, PD dan PAN masih belum menyatakan sikap. Ketiga partai tersebut punya syarat sebelum melabuhkan dukungan ke salah satu capres. Saat ini, yang sudah pasti maju sebagai capres hanya Jokowi. Calon lawan terberatnya, yaitu Ketum Gerindra Prabowo Subianto, masih pikir-pikir.

Untuk syarat dari masing-masing 3 parpol tersebut, sebelum menjatuhkan hati mereka, beragam. PKB misalnya, mereka mematok nama Ketum Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai cawapres. PD punya Ketua Kogasma Pemenangan Pemilu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang terus ‘diobral’. Untuk PAN, meski terkesan malu-malu bersikap, namun akar rumput partai berlambang matahari itu menginginkan Ketua Umum Zulkifli Hasan tampil di Pilpres 2019.

Meski 3 parpol tersebut masih ‘abu-abu’, klaim Rommy soal dua dari tiga parpol yang disebutkan di atas segera bersikap bulan ini dengan menyatakan dukungan kepada Jokowi patut dikulik. Rommy juga menyebut kalau satu dari dua parpol yang akan merapat tetap menerapkan syarat agar kader mereka jadi cawapres Jokowi. Lalu, parpol apa yang paling berpeluang?

Rommy sendiri belum lama ini bicara soal peluang bergabungnya PD ke koalisi Jokowi. Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut Rommy memuji pemerintahan Jokowi saat ini. Di sisi lain, Sekjen PD Hinca Panjaitan telah menepis pernyataan Rommy.

“SBY kan memang tidak punya hambatan psikis dengan siapa pun. Dan yang pasti, ada apresiasi dari SBY pada langkah-langkah yang dilakukan Jokowi dalam membangun infrastruktur. Beliau menyampaikan kepada saya juga bahwa Jokowi presiden yang sudah on the track,” ungkap Rommy, Rabu (4/4).

PKB sendiri beberapa kali menyatakan kalau mereka masih cocok andai menjadi pengawal Jokowi dalam pemerintahan periode mendatang, terlebih Prabowo, sang calon penantang terkuat Jokowi, masih ragu bersikap. Meski demikian, Wasekjen PKB Daniel Johan menyatakan mereka terus berupaya menjadikan Cak Imin sebagai cawapres Jokowi.

“Kalau bicara chemistry saat ini, dengan pak Jokowi ya. Karena fraksi-fraksi PKB sudah ada pengalaman koalisi ya, kita jadi tahu,” sebut Daniel.

Bagaimana dengan PAN? Ketum PAN Zulkifli Hasan belum lama ini menyatakan kalau mereka kemungkinan besar mendukung Jokowi karena faktor petahana. PAN sendiri tak menerapkan syarat jatah cawapres jika jadi mengusung Jokowi.

Dua parpol apa saja yang akan merapat ke Jokowi? Menarik menunggu pengumumannya bulan ini, seperti yang diklaim Rommy.

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co