Unik & Lucu

Bunker Rahasia Yang Kuat Untuk Penyelamat Saat Bencana Alam

RepublikHotNews – Menyelamatkan diri dari bahaya perang ataupun musibah alam dari jaman dulu, Bunker adalah jawabannya. Bangunan pertahanan yang biasanya didirikan dibawah tanah, mengatisipasi kecelakaan yang disebabkan oleh senjata berat, nuklir atau bahkan hari kiamat. Seiring majunya jaman, keadaan bunker semakin berbeda dengan jaman dulu. Selain dibuat lebih kuat, persediaan makanan ataupun hal penyambung hidup di dalamnya sangat diperhatikan oleh sang pembuatnya.

Pemerintah Amerika Serikat di masa lalu membangun bunker raksasa di bawah tanah hotel dan resor mewah Greenbrier di White Sulphur Springs, West Virginia. Lubang perlindungan itu dibuat di era perang dingin dengan Uni Soviet. Sebagai lokasi pemerintahan darurat AS jika perang nuklir sampai pecah. Itu bukan bunker biasa. Dilapisi dinding setebal 3 kaki atau 0,9  meter dan memiliki sistem udara yang didesain bisa menyaring zat radioaktif berbahaya. Bunker rahasia yang relatif dekat dengan ibukota Washington DC dibangun atas perintah Presiden Eisenhower dari tahun 1958 sampai 1962. Dengan kode ‘Project Greek Island’.
Bunker itu sedang dibangun saat keluarga Kennedy termasuk John F Kennedy serta pasangan bangsawan Inggris, Duke dan Duchess of Windsor berlibur di hotel di atasnya. Tanpa menyadari ada proyek besar di sana. Lokasi perlindungan rahasia itu akhirnya rampung pada tahun 1962, ukurannya setara toko serba ada Walmart, diklaim memiliki stok perlengkapan sampai 30 tahun, juga 1.100 tempat tidur untuk ditempati anggota pemerintahan AS. Dibangun di bawah kedok menyelesaikan sayap gedung bagian barat, bunker seluas 112.000 kaki persegi itu berada di bawah tanah resor Greenbrier nan mewah.
Ruangan utama bunker adalah ‘Exhibit Hall’ yang memiliki lebar 27 meter, panjang 57 meter, dengan ketinggian hampir 6,1 meter, dan disangga 18 kolom. Disediakan untuk sesi gabungan kongres. Juga ada dua ruangan lain di masing-masing sisinya. Salah satunya adalah ruang duduk berkapasitas 470 orang, yang cukup besar menampung anggota DPR, sementara lainnya, yang lebih kecil mampu menampung 130 orang cocok untuk ruang Senat. Bunker juga dilengkapi ruang penyiaran, asrama yang bisa menampung lebih dari 1.000 orang, dapur dan rumah sakit yang memiliki stok untuk 30 tahun, termasuk makanan, buku, dan alat permainan. Di masa itu, kompleks bawah tanah tersebut menghabiskan dana US$ 14 juta atau Rp 159 miliar.
Lokasi perlindungan sengaja dibangun dekat Gedung Putih, agar bisa secepatnya mengevakuasi pemerintahan AS dari Washington D.C. ke West Virginia jika sewaktu-waktu Soviet menyerang. Dan selama 30 tahun setelah dibangun, staf bekerja diam-diam dan menyamar salah satunya menjadi tukang reparasi TV terus merawat bunker yang mengutamakan efisiensi alih-alih kemewahan. Belakangan, hingga keberadaannya terkuak ke publik, sebanyak 70 pekerja Greenbrier juga diminta tutup mulut soal bunker itu.
Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co