aa nusa2
Internasional

Meletus Hebat, Gunung Kilauea Semburkan Abu 9.144 Meter

RepublikHotNews  -Gunung berapi Kilauea mengalami letusan hebat dengan menyemburkan abu setinggi 30.000 kaki (9.144 meter) ke udara. Warga Hawaii diminta untuk berlindung dari bahaya kepulan abu vulkanik.

Letusan hebat gunung berapi itu terjadi hadi Kamis waktu setempat. Departemen Pertahanan Sipil mengeluarkan peringatan waspada bagi warga di Hilo, Big Island.

“Lindungi diri Anda dari kejatuhan abu,” bunyi peringatan departemen tersebut yang dikutip Reuters, Jumat (18/5/2018).

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) dalam sebuah pernyataan mengatakan, letusan hebat terjadi pukul 04.15. Letusan itu memicu semburan abu dan asap hingga sejauh enam mil ke atmosfer.

Para ahli geologi dan staf USGS bergegas dievakuasi dari sekitar puncak, sesaat sebelum letusan terjadi. Sebuah tayangan webcam menunjukkan abu dan magma menghujani lereng gunung berapi Kilauea.

USGS juga mengeluarkan peringatan “merah” untuk maskapai. Sebab, abu yang disemburkan gunung berapi tersebut dapat merusak mesin jet pesawat dan mengacaukan rute penerbangan.

Sementara itu, pasukan Garda Nasional setempat terlihat mengenakan masker gas untuk melindungi diri dari gas sulfur dioksida beracun di persimpangan jalan raya 130 dan 132, rute keluar utama dari pedesaan Pahoa, 25 mil (40 km) sebelah timur gunung berapi Kilauea.

Erupsi gunung berapi itu telah menghancurkan setidaknya 37 rumah dan bangunan lain dengan terjangan lava. Sekitar 2.000 warga dievakuasi dari rumah mereka.

Kilauea, salah satu gunung berapi paling aktif di dunia, terakhir mengalami letusan eksplosif pada tahun 1924.

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co