aa nusa2
Tips

Berikut Cara Mengatasi Sariawan Pada Vagina

RepublikHotNews – Sariawan identik menggunakan keluhan yg terjadi pada dalam rongga verbal. Tetapi siapa sangka, ternyata keluhan tersebut jua sanggup terjadi di vagina. Ya, sariawan vagina. Pernahkah Anda mendengar penyakit yang satu ini?

Sariawan vagina adalah sebuah penyakit yang terjadi dampak adanya infeksi menular seksual (IMS). Keadaan ini bisa disebabkan oleh virus, bakteri, parasit, dan jamur. Tetapi, yg paling menjadi penyebab sariawan vagina adalah herpes genitalis.

Mengenal penyebab sariawan vagina

Herpes genitalis atau herpes kelamin adalah penyakit yg ditimbulkan sang virus herpes simpleks. Risiko terjadinya keadaan ini semakin tinggi berlipat ganda bila Anda hobi berganti-ganti pasangan seksual. Penyakit ini sangat menular, bahkan bila penderita menyentuh luka dan memaparkannya ke bagian tubuh lain.

Gejala khas berdasarkan penyakit herpes genitalis merupakan adanya sekelompok gelembung mini berisi cairan (vesikel), berwarna kemerahan dan mengakibatkan keluhan nyeri.

Selain itu, penderita juga dapat mengalami pembesaran kelenjar getah bening, rasa nyeri, gatal, dan sensasi terbakar. Pada beberapa perkara, penderita herpes genitalis juga mengeluhkan adanya cairan yg keluar berdasarkan vagina, demam, sakit ketua, dan nyeri otot.

Seseorang yg terserang herpes genitalis dapat mengalami luka pada aneka macam bagian tubuh, termasuk bokong, paha, anus, mulut, atau bahkan saluran kencing. Pada perempuan , herpes genitalis paling sering mengakibatkan luka di sekitar vagina, genitalia eksternal, & serviks. Pada pria, keadaan tersebut paling seringkali menyebabkan keluhan berupa luka pada batang penis & skrotum.

Diagnosis sariawan vagina

Diagnosis berdasarkan herpes genitalis yang sebagai penyebab sariawan vagina dilakukan secara klinis. Riwayat pasien & tampilan lesi kulit yg khas relatif buat menegakkan penaksiran.

Berikut adalah beberapa metode penaksiran herpes genitalis yang perlu Anda ketahui:

  • Kultur virus. Ini dilakukan menggunakan cara merogoh sampel jaringan atau bagian mini dari luka buat diamati di laboratorium.
  • Polymerase Chain Reaction (PCR). Ini merupakan proses buat menyalin Deoxyribonucleic Acid (DNA) dari darah, jaringan luka, atau cairan tulang belakang. Dari DNA tadi, eksistensi virus HSV dalam pasien dapat diketahui lebih lanjut.
  • Pemeriksaan darah. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan buat mengamati adanya antibodi terhadap HSV.
    Mengatasi sariawan vagina akibat herpes genitalis

Tindakan paling primer dan harus dilakukan buat mengatasi sariawan vagina akibat herpes genitalis adalah mencegah penyakit menyebar lebih lanjut. Ini berarti, penderita sariawan vagina dianjurkan buat tidak menyentuh atau berkontak dengan area yang terinfeksi. Akan lebih baik apabila penderita sariawan vagina tidak melakukan hubungan seksual buat sementara ketika.

Selain itu, penderita sariawan vagina juga dianjurkan buat mengonsumsi obat antivirus seperti asiklovir, valasiklovir, dan famsiklovir sinkron dengan anjuran dokter. Obat-obatan ini dapat mempercepat proses penyembuhan & memperkecil risiko infeksi berulang.

Jangan anggap sepele sariawan vagina. Keluhan ini bisa sangat mengganggu, bahkan bisa menurunkan kualitas kehidupan rumah tangga penderita. Oleh karena itu, jika Anda merasa mengalami keluhan ini, segera berobatlah ke dokter.

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co