aa nusa2
Nasional

Ini Salah Satu Alasan PAN Tak Mau Paksakan Kadernya Jadi Cawapres Prabowo

RepublikHotNews – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyampaikan, pihaknya nir akan memaksakan kader sebagai calon Wakil Presiden yg akan mendampingi Prabowo Subianto. Dalam membangun koalisi, menurutnya setiap partai tidak bisa memaksakan kehendak.

Andai PAN bergabung mendukung Prabowo, istilah beliau, partai-partai lain pula akan ikut memperlihatkan kader menjadi Cawapres Prabowo. Lantaran itu, PAN akan menunggu perkembangan yang terdapat.

“Dalam koalisi itu, konvensi kesepahaman enggak mampu harga tewas. Harga mati itu kalau PAN bisa usung sendiri, harga tewas. Tapi kalau enggak bisa tentu konvensi. Akan sangat tergantung koalisinya. Kami rasional saja,” istilah Zulkifli pada Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/6/2018).

Dia menuturkan, setiap partai niscaya memiliki ego dan rencana masing-masing menggunakan memberikan kadernya menjadi pendamping Jokowi atau Prabowo. Untuk itu, sine qua non kesepakatan antarpartai terkait cawapres.

Akan namun, Zulkifli tahu cara tadi dilakukan oleh tiap partai demi menjaga perolehan kursinya pada DPR. PAN sendiri ketika ini hanya memperoleh 8,6 persen kursi di DPR atau 7,59 % bunyi absah nasional.

“Di partai-partai masing-masing masih punya ego. Kalau koalisi besar , contoh contohnya koalisi sebelah sana Pak Jokowi apa seluruh sudah oke, kan belum, baru pernyataan. Nanti jikalau bicara Wakil Presiden gimana?” ujar Zulkifli.

Saat ini PAN juga mengamati kemungkinan partai-partai pendukung Jokowi berpindah haluan karena kadernya nir dipilih sebagai cawapres. Jika hal itu terjadi, PAN akan membuka komunikasi untuk menciptakan poros alternatif pada Pilpres 2019.

“Kan terdapat cara lain 1, cara lain 2, cara lain tiga. Misal PKB, Cak Imin enggak bisa jadi cawapres, terus cari alternatif. Kami berdua enggak mampu. Mestinya terdapat satu partai lagi. Tapi jika Golkar yang murka , mari PAN kita berdua saja. Masih sanggup itu,” tandas Zulkifli.

Facebook Comments
To Top

Powered by themekiller.com watchanimeonline.co